Hal Terpenting dalam Call Proposal

Dalam sebuah bisnis ataupun organisasi, proses pengajuan proposal bukanlah hal yang asing. Saat dimana harus melibatkan pihak ketiga untuk bekerjasama dalam hal permodalan membutuhkan perhitungan yang teliti supaya hubungan kerjasama ke depannya dapat berjalan dengan baik dan tidak menemui hambatan yang berarti pada kedua belah pihak.

Oleh karena itu, proposal merupakan media yang tepat untuk menjelaskan tentang acara atau bisnis kita kepada pihak ketiga sebagai calon pemberi dana sekaligus juga menjelaskan keuntungan yang akan di dapat oleh pihak investor maupun sponsor.

Cara Cerdas

Proposal dapat dipelajari dengan mudah apabila kita mengerti apa yang akan kita tuliskan dalam proposal. Menjelaskan panjang lebar hanya akan membuat pembaca jenuh dan pesan yang terdapat dalam proposal tidak tersampaikan yang kemudian akan berakhir dengan penolakan.

Mungkin saja penolakan terjadi bukan karena jenis usaha yang buruk tapi karena belum pahamnya bagaimana cara membuat proposal yang tepat. Maka dari itu tepatnya susunan sebuah proposal juga perlu diperhatikan.

Inilah Hal-hal yang penting dalam Proposal

Background usaha


Pada bagian ini dijelaskan alasan utama memulai dan mengembangkan bisnis. Mungkin bisa dijelaskan bagaimana kondisi pasar dan solusi apa yang dapat kita tawarkan sebagai pelaku usaha untuk memecahkan permasalahan yang ada di pasar serta seberapa besar profit yang bisa didapatkan dari keadaan pasar tersebut.

Profil Usaha


Sejarah usaha, produk, proses produksi  system kepimilikan, penjelasan pegawau serta hal administratif lainnya menjadi inti bagian ini. Apabila usaha tersebut telah memiliki cabang dapat digambarkan pula disini.

Kondisi usaha terkini


Bila ingin mengajukan proposal untuk pengembangan usaha maka bisa dijelaskan bagaimana kondisi marketing dan penjualan selama 2 tahun terakhir lengkap dengan rasio dan laporan keuangannya.

Rencana usaha


Deskripsikan apa yang menjadi visi untuk usaha serta langkah yang akan diambil dalam pelaksanaan rencana tadi. Semakin rinci penjelasannya maka akan semakin baik. Sertakan pula apa saja potensi resiko yang ada dalam usaha kita serta cara menanggulanginya sesuai kapasitas kita (risk management).

Proyeksi Keuangan


Hal terpenting untuk para calon investor adalah proyeksi finansial rencana usaha kita selama 6-12 bulan kedepan. Ini akan menjadi gambaran seberapa besar potensi dari rencana usaha kita sekaligus menunjukan seberapa jauh kita bisa realistis dalam menjalankan usaha.

Penutup


Bagian ini berisi kesimpulan dari seluruh kalkulasi proyeksi usaha serta kelayakan kita dalam mewujudkan semuanya itu. Ada baiknya sertakan likuiditas usaha kita dalam membayar keuntungan kepada investor selama periode utang atau Return of Investment (ROI). Bagian ini akan menjadi faktor pendukung untuk menambah keyakinan pihak ketiga dalam menitipkan dananya untuk pengaju proposal.


Refrensi Cara Membuat Proposal


Semoga informasi cara membuat proposal yang telah diberikan ini berguna dan dapat menjadi referensi kita saat membuat proposal. Dibawah ini kami sajikan refrensi cara membuat proposal

Contoh dan Cara Membuat Proposal Kegiatan | Ilmu Pengetahuan
www.ilmusahid.com › Pengetahuan Bahasa Indonesia
Bagaimana cara membuat proposal kegiatan yang benar? simak berikut tentang sistematika pembuatan proposal kegiatan sekaligus contoh proposal kegiatan ...

Contoh dan Cara Membuat proposal Kegiatan Dengan Benar ...
www.pelajaran.co.id/.../contoh-dan-cara-membuat-proposal-kegiatan-dengan-benar.h...
6 Okt 2016 - Pengertian, Contoh dan Cara Membuat proposal Kegiatan Dengan Benar. Proposal biasanya kita gunakan untuk pengajuan permohonan, ...

Contoh Proposal Bantuan Dana Kegiatan - contoh cara membuat ...
makalahproposal.blogspot.com › contoh proposal
Sebelum lanjut pada contoh proposal bantuan dana kegiatan pentas seni dan budaya sangat penting kiranya kita mengetahui bagaimana cara membuat ...

Contoh Proposal Skripsi Beserta Cara Membuatnya | SarungPreneur
sarungpreneur.com/contoh-proposal-skripsi/
27 Mar 2016 - Contoh Proposal Skripsi - Setiap mahasiswa pasti akan mengalami yang ... Artikel Terkait : Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar ...

CARA MEMBUAT PROPOSAL PENELITIAN YANG BENAR | Syarif Al ...
www.academia.edu/.../CARA_MEMBUAT_PROPOSAL_PENELITIAN_YANG_BEN...
CARA MEMBUAT PROPOSAL PENELITIAN YANG BENAR Sebelum membuat skripsi hal yang pertama kali harus dilakukan adalah membuat proposal ...

Cara Membuat Proposal kegiatan | Ghadies Syarief - Academia.edu
www.academia.edu/8844345/Cara_Membuat_Proposal_kegiatan
Cara Membuat Proposal kegiatan Sistematika contoh proposal kegiatan 1.Judul Proposal Contoh judul proposal kegiatan misalnya PROPOSAL KEGIATAN ...

Contoh Proposal Usaha / Bisnis yang Baik dan Benar 2016 - Contoh ...
contohsuratmakalah.blogspot.com › Proposal

Contoh proposal usaha/bisnis, tujuan, fungsi dan cara membuat proposal usaha yang baik dan benar terbaru edisi 2016. silahkan download.

Contoh Pendahuluan | Latar Belakang Proposal yang Baik dan Benar ...
contohsuratmakalah.blogspot.com › Proposal
Contoh Pendahuluan /latar belakang proposal | Cara membuat pendahuluan/latar belakang proposal yang baik dan benar.

Panduan Lengkap Menyusun Proposal
https://books.google.com/books?isbn=979065071X
Happy Susanto, S.Sos, MA, ‎Agung Sugiarto - 2010 - ‎Reference

“Cara Membuat Proposal”, dalam http://www.papua.go.id/ ddpkoperasi/proposalkredit.html. “Proposal Pendirian Usaha Sale Pisang”, dalam http://fe.elcom.umy.
Contoh dan Cara Membuat Proposal Kegiatan yang Menarik ... - Scribd

https://www.scribd.com/.../Contoh-dan-Cara-Membuat-Proposal-Kegiatan-yang-Mena...
Anda bisa menuliskan alasan kenapa kegiatan harus dilaksanakan. bagaimana cara membuat proposal kegiatan yang menjual dan menarik perhatian?
Penelusuran yang terkait dengan cara membuat proposal

contoh pembuatan proposal bantuan dana

cara membuat proposal skripsi

contoh membuat proposal kegiatan sekolah

cara membuat proposal usaha

cara membuat proposal penelitian

contoh proposal singkat

contoh proposal kegiatan 17 agustus

contoh proposal pensi